Selasa, 23 Oktober 2012

Prabowo Capres Paling Bersih dan Tegas.


Berdasarkan penelitian Lembaga Survei Nasional (LSN), tokoh militer dipilih sebagai sosok pemimpin bangsa yang tegas.
Pemilihan Presiden 2014 mendatang dipastikan akan jadi ajang star wars (perang bintang), pasalnya calon presiden dari kalangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih disukai oleh masyarakat. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dilakukan pada 4-20 September 2012 di 33 provinsi terhadap 1.230 responden.
“Sebanyak 58,6% menyukai sosok yang bersih, tidak pernah terlibat korupsi, sebanyak 56,8% memilih figur capres yang tegas, terhadap capres yang merakyat sebanyak 49,8%, capres yang konsisten sebanyak 48,9%, dan capres yang cerdas 45%,” demikian paparan hasil survei yang disampaikan Direktur Eksekutif LSN Umar S Bakry di Jakarta, Senin (22/10/2012).
Berdasarkan hasil survei, nama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan pertama sebagai tokoh TNI yang disukai dengan 29,9 persen suara, selanjutnya ditempati oleh Ketua Umum Partai Hanura Wiranto dengan 29,1 persen suara dan 3,2 persen masyarakat memilih mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.
Direktur LSN Umar S Bakry menjelaskan alasan publik mendambakan sosok dari kalangan TNI karena saat ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai tidak tegas.
“Pertama, konsolidasi gagal melahirkan tokoh yang dibutuhkan publik. Publik kecewa dan tidak puas dengan pemerintah SBY, karena faktor ketidaktegasan SBY sehingga publik ke depan mendambakan figur yang tegas, yang kontras dengan SBY,” kata Umar di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2012).
Survei dilakukan pada 10-24 September 2012 di 33 provinsi Indonesia, dengan populasi dari survei adalah seluruh penduduk yang berusia 17 tahun ke atas atau di bawah 17 tahun, tetapi sudah menikah.
Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang, dengan tingkat kesalahan sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei dilengkapi dengan riset kualitatif melalui wawancara mendalam dan analisis media.
Hasil survei ini menyimpulkan Prabowo menempati urutan calon presiden paling bersih dan tegas. Sekitar 59% responden menilai Prabowo Subianto dan Wiranto (Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat) sebagai tokoh yang tegas. Sedangkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dinilai tegas oleh 48,1% responden.
“SBY rajin konpers tapi tidak aktif eksekusi masalah-masalah nasional. KPK versus Polri, SBY hanya bisa berpidato, setelah itu polri tetap melanjutkan kasus Kompol Novel tapi SBY juga diam saja,” tuturnya.
Kedua, sambung Umar, kondisi nyata Indonesia saat ini yang dinilai kurang baik dari segi ekonomi sehingga masyarakat kecewa dan tidak puas dengan pemerintahan SBY.
Tiga tokoh tersebut juga memiliki elektabilitas tinggi menurut hasil survei yang dilakukan LSN. Yakni sebanyak 20,1% responden mengaku akan memilih Letjen TNI Purn Prabowo Subianto, 12% responden mengaku akan memilih Jenderal TNI Purn Wiranto, dan 9,4% akan memilih Jusuf Kalla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar