Rabu, 24 Oktober 2012

Jokowi: Tak Perlu Banyak Program, yang Penting Besar dan Fokus

Gubernur Jokowi
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam pertemuan rapat dengan jajaran Kepala Dinas DKI, menginginkan program yang besar dan lebih fokus ketimbang program banyak, namun pada akhirnya terbengkalai.

"Ini banyak yang saya koreksi karena masih belum fokus. Unggulannya apa? Saya pengin ada satu program unggulan. Setahun kerja apa fokusnya, sehingga manajeman kontrolnya lebih mudah kalau fokus," ujar Jokowi usai gelar rapat pimpinan bersama Kepala Dinas DKI di Balaikota, Jakarta, Kamis (25/10).

Jokowi mencontohkan program di Dinas PU. Jokowi menyarankan sebaiknya Dinas PU melakukan satu program besar seperti pembangunan semua jalan hotmix di Jakarta. "Jangan terlalu banyak, misalnya, semua kampung di Jakarta halus dan di-hotmix, biar rakyat merasakan. Saat saya ke kampung-kampung banyak jalan yang jelek," ujarnya. Contoh lain, pembersihan semua selokan dan sungai.

Menurut Jokowi, banyaknya program namun tidak seimbang dengan SDM yang ada, justru akan tidak efektif. Selain lemah pengawasan, juga akan menyulitkan kinerja Kepala Dinas itu sendiri. "Kontrolnya seperti apa? Kalau saya, satu dua (program) yang penting fokus, besar," ujarnya.

Jokowi mengaku, saat ini baru empat Kepala Dinas yang sudah memaparkan program di akhir tahun 2012 dan tahun 2013. Empat dinas tersebut Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Pertamanan, Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Kebersihan. (YUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar